Mengenal Animal Defender, Bang Herdaru, dan Pawradiso, SIlverfur ...


Animal Defender ... menyelamatkan anjing dan kucing yang berasal dari owner yang sudah tidak mampu lagi memelihara secara baik keluarga berkaki-empatnya, misalnya kasus yang pemelihara jatuh usahanya dan bangkrut, atau pemilik anjing meninggal dunia dan saudaranya tidak dapat memelihara warisan keluarga berkaki-empatnya. Selain itu juga anjing ataupun kucing yang terbuang, kecelakaan di jalan raya, atau yang dikhawatirkan akan dijadikan santapan di lapo-lapo.

Setelah diselamatkan (di-rescue), maka si kaki empat tersebut akan diperiksa ke dokter hewan dan dipelihara sampai sakitnya sembuh, atau tubuhnya sehat kembali, jika tidak memperoleh nutrisi yang cukup sebelumnya.

Kadang-kala kondisi hewan saat di-rescue sudah terlalu parah, entah karena malnutrisi akut, atau penyakit parah, sehingga organ dalam sudah mulai minim fungsinya, bahkan seringkali setelah dilakukan tindakan operasi sekalipun oleh dokter hewan dan dirawat sebaik mungkin, tetap tidak tertolong dan harus direlakan kembali kepada Sang Pencipta.Hal-hal mengenaskan demikian sering dialami oleh para penyelamat yang tergabung dalam Animal Defender ini. Teman-teman dapat melihat ceritanya di instagram Animal Defender.



Mungkin ada diantara kita yang belum mengetahui tentang Hak Asasi Hewan. Sepintas hal ini memang terdengar unik bahkan cenderung aneh dan mengada-ada, apalagi di Negara Indonesia yang memang belum terlalu memperhatikan tentang adanya hak asasi hewan. Salah satu hal penting dalam hak asasi hewan adalah kesejahteraan hewan itu sendiri. Di Indonesia sendiri sudah ditetapkan Undang-Undang No. 16 Tahun 2009, dinyatakan bahwa kesejahteraan hewan adalah segala urusan yang berhubungan dengan keadaan fisik dan mental hewan menurut perilaku alami hewan yang perlu diterapkan dan ditegakkan untuk mewujudkan lima kebebasan hewan yaitu : Bebas dari rasa lapar dan haus Bebas dari rasa sakit, cidera dan penyakit; Bebas dari ketidaknyamanan, penganiayaan dan penyalahgunaan; Bebas dari rasa takut dan tertekan Bebas mengekspresikan perilaku alaminya Maka dari itu, dalam rangka memperingati #HariHewanSedunia (4 Oktober) & #HariHakAsasiHewan (15 Oktober) Simak yuk #PhoneInterview bareng packleader @doniherdaru - Seorang Pahlawan Bagi Hewan Terlantar Hanya di #MORNINGCALL Radio B bareng @indra.adjie
A photo posted by Animal Defenders Indonesia (@animaldefendersindo) on

Animal defender dipelopori oleh foundernya, bang Doni Herdaru Tona.

Jika rescue berhasil, setelah si kaki empat sudah pulih, maka mereka boleh diadopsi dengan syarat-syarat tertentu yang tujuannya agar si kaki empat benar-benar memperoleh kualitas hidup yang lebih baik dari sebelumnya dan dari saat berada di shelter Animal Defender. Selain pilihan adopsi ada juga pilihan foster parent. Divisi adopsi ini ada di ADRehome.

Dalam menjalankan misi ini, Animal Defender didanai oleh foundernya dan juga dari beberapa unit usaha, antara lain Pawradiso Pet Supplies. Dengan berbelanja di Pawradiso, anda juga membantu dalam usaha penyelamatan para kaki empat ini.

Ada juga unit usaha grooming... Silverfur Grooming untuk membantu kegiatan Animal Defender ini.

Selain itu juga banyak yang membantu mendonasikan sebagian rejekinya melalui Kotak Donasi Animal Defender. Ataupun donasi saat kunjungan langsung di shelter Animal Defender pada hari Sabtu sampai hari Minggu, antara pukul 10:00 sampai pukul 18:00.

Demikian sedikit ulasan... Tak kenal maka tak sayang. Siapa tau teman-teman menjadi tertarik untuk adopsi, fostering, relawan, donatur tetap, donatur tak tetap, atau minimal menjadi memiliki sikap yang menyayangi binatang-binatang yang diiptakan oleh Tuhan.

Salam...

Comments

Popular posts from this blog

Tragedi Curug Panjang, 5 February 2017, Berhati-Hatilah Bermain di Air Terjun

Bagaimana memasang hammock dan flysheet untuk menahan angin ?