Anjing Juga Menguap ?


Hahaha... yang dimaksud menguap di sini bukanlah seperti di pelajaran fisika, yaitu perubahan dari bentuk cair menjadi bentuk gas, melainkan menarik nafas dalam-dalam melalui mulut yang terbuka lebar-lebar (angop- Bahasa Jawa, yawning - Bahasa Inggris).

Manusia menguap terutama dikarenakan tubuhnya yang keletihan, mengantuk, dan sejenisnya. Namun pada anjing, menguap bisa juga mempunyai makna lain.





Halvor is yawning.



Demikian pula pada anjing, saat anjing akan tidur, lalu meregangkan tubuhnya dan menguap, maka tentunya menandakan faktor kelelahan.

Pada dunia anjing, menguap juga merupakan bahasa tubuh, bahwa si anjing tersebut berusaha atau siap berkomunikasi dengan kita.

Saat orang atau binatang lain mendekat, dan anjing yang didekati menguap, bisa berarti bahwa dia merasa terancam atau minimal gelisah, tapi tidak akan menyerang. Anjing ini juga memberikan pesan untuk menghindari konflik. Barangkali semacam ungkapan...." cape deh....". Hahaha...

Saat dua orang anak sedang berkelahi di dekat seekor anjing, atau seorang anak memeluk si anjing tersebut, atau seseorang memarahninya, atau penyebab stress yang lain terhadap si anjing, maka anjing tersebut bisa menguap (yawning). Hal lain misalnya si anjing pernah disuntik di dokter hewan, dan saat datang ke dokter itu lagi dan menunggu di ruang tunggunya, anjing menjadi gugup lalu menguap.

Yawning juga salah satu sinyal dari seekor anjing bahwa dia sudah cukup berlatih, frustasi dan sudah bosan. Dengan demikian kita harus merubah cara pendekatan kita atau mengurangi intensitas latihannya.

Bisa juga yawning sebagai salah satu tanda antusiasme... saat kita akan mengajaknya berjalan-jalan dan si anjing sangat senang, lalu menguap.

Dengan mempelajari anjing kita, kita dapat mengerti apa saja yang bisa menyebabkannya demikian. Situasi tersebut kemudian dapat kita hindari atau mengatasi hal-hal yang mungkin terjadi berikutnya..

Beberapa pemilik anjing juga melakukan yawning di depan anjingnya sebagai bentuk komunikasi agar si anjing menjadi lebih tenang.

Jadi mulailah memperhatikan anjing kita...

Salam
Gunadi

sumber:

Comments

Popular posts from this blog

Tragedi Curug Panjang, 5 February 2017, Berhati-Hatilah Bermain di Air Terjun

Bagaimana memasang hammock dan flysheet untuk menahan angin ?