Halvor Husky First Bikejoring

Husky adalah anjing yang asalnya hidup di daerah berhawa dingin. Daya tariknya yang kuat, sebesar 4 sampai 5 kali berat badannya, membuatnya dipakai sebagai anjing penarik kereta salju, selain karena daya tahannya terhadap hawa dingin dan lingkungan bersalju.

Karena mukanya yang khas keturunan serigalanya, mungkin itu yang menyebabkan husky dibawa oleh orang-orang ke daerah yang tidak bersalju, di antaranya sampai ke negara Indonesia.



Husky adalah hewan yang suka berlari, bertualang, dan menarik beban, jadi jikalau kita memilikinya dan hanya menjadi penghuni kandang saja, sangat disayangkan. Sedikit pengembangan dari penarik kereta salju adalah skijoring. Pada skijoring, husky digunakan sebagai penarik pemain ski.

Bagaimana jika musim salju sudah lewat atau di negara lain yang tidak pernah mempunyai musim bersalju ? Orang lalu mengembangkan lagi menjadi :

  • Carting atau dikenal juga sebagai dryland mushing atau sulky driving. Husky menarik kereta yang bisa membawa seseorang atau barang-barang.
  • Bikejoring. Husky bisa berjalan atau berlari di samping sepeda, atau menarik sepeda yang ditunggangi pemiliknya.
  • Dog scootering - hampir sama dengan bikejoring, hanya saja yang dipakai di sini adalah sepeda yang tanpa pengayuh yang disebut scooter.
  • Dan aktivitas laiinya adalah dog hiking. Sang pemilik dan huskynya berkelana menelusuri jalan ke rimba ataupun pegunungan. Si husky bisa diberi tugas membawa beban seperti air, makanan, sleeping bag, dsb.
Nah, kali ini kita akan bermain bikejoring.


Di rumah sudah ada harness merek RedDingo yang melingkari leher dan badan saja. Lalu ada gulungan webbing panjang yang rencananya dipakai untuk main hammock. kita mencoba menambah seadanya agar bisa dipakai sebagai harness untuk bikejoring.

Dan tanggal 12 November 2016 kemarin, kita mencoba dan cukup lumayan.

Berikut videonya:


Salam guguk... dog lover semua...
Gunadi TK

Comments

Popular posts from this blog

Tragedi Curug Panjang, 5 February 2017, Berhati-Hatilah Bermain di Air Terjun

Bagaimana memasang hammock dan flysheet untuk menahan angin ?