Husky Anjing yang Ramah

Memiliki tampang serigala, membuat orang salah sangka bahwa husky adalah bukan anjing, melainkan seekor serigala. Dan serigala adalah binatang yang liar dan buas. Maka husky juga pasti sebuas serigala.

Sebelum memiliki Halvor si husky ini, saya juga berpendapat demikian. Setelah membaca dan berinteraksi, saya menyimpulkan bahwa husky adalah type tampang sangar hati hello kitty... hahaha...

Pura-pura berpose seolah mau berciuman...



Semua anjing konon memang keturunan dari serigala. Anjing adalah serigala yang dilatih menjadi hewan domestik dan dekat dengan manusia, sehingga perilakunya menjadi berubah ramah. Karena menjadi hewan domestik dengan segala kebutuhan yang disediakan oleh manusia, anjing berevolusi dan semakin berkurang sifat buas dan liarnya. Sementara itu serigala tetap hidup di alam liar dan tetap buas dengan sifat predatornya karena harus mencari makan sendiri, naluri untuk bertahan hidup. Lalu anjing rumahan berkembang biak dan akhirnya memiliki banyak jenis dan ras. Manusia mengembang biakannya lagi menjadi semakin bervariasi. Jadi serigala adalah binatang buas dan liar dan susah diatur, sementara itu anjing peliharaan adalah binatang yang semakin mudah diatur dan semakin ramah terhadap manusia selama dididik dengan benar. Dan akan aneh jikalau ada orang yang menyatakan memelihara seekor serigala yang murni namun sangat penurut.

Proses yang sama terjadi dengan semua makhluk hidup. Mulai dengan mengamati, lalu secara perlahan mendekat dan melakukan gerakan yang pelan dan aman yang tidak disalah-artikan. Gerakan yang mendadak membuat takut dan bisa disangka agresif. Proses ini setahap demi setahap sampai semua merasa nyaman dan akhirnya menjadi dekat.


Husky adalah type yang ramah, suka dengan manusia baru, mudah akrab dengan orang baru, jadi kurang cocok sebagai anjing penjaga rumah bahkan cenderung mudah hilang. Halvor saya ajak ke toko dan hanya tidur di pojokan, saat orang masuk, Halvor santai saja dan tidak menggonggong sama sekali.


BACA JUGA: Apakah husky cocok buat kita ?



Husky biasanya akan mendekat ke orang dan berusaha untuk berdiri dan meraih orang tersebut, lalu mengajaknya berkenalan dan bermain. Umumnya orang melihat bahwa anjing ini agresif dan ingin menggigit. Lalu orang akan mundur dan bahkan berlari menjauh. Lebih lucunya lagi, si husky melihat ini sebagai tanda bahwa orang ini setuju untuk bermain dan si husky akan mengejarnya. Orang tersebut akan semakin panik dan tak jarang berakhir menjadi trauma dengan anjing. Apalagi jika orang tersebut pernah mengalami peristiwa yang tidak menyenangkan dengan anjing saat sebelumnya.

Setalah kenal dan merasa nyaman satu sama lain, akhirnya bisa berpose bersama.


Bagi orang yang sudah terbiasa bergaul dengan anjing, atau memiliki anjing di rumahnya, akan sangat mudah dekat dengan seekor husky. Bagi yang belum pernah sama sekali, biasanya saya memegang erat ikatan di leher husky agar huskynya tenang dan tidak loncat, juga agar si manusia yang ingin dikenalkan merasa nyaman dan tidak takut. Lalu diminta mengelus bagian badan sampai akhirnya bagian kepala. Kalau sudah semakin yakin baru saya akan mundur dan memberi ruang untuk mereka berinteraksi, dengan tentunya husky yang terikat di tiang, pohon, atau tempat yang kuat agar tidak berlari.


Di foto instagram di atas, terlihat Hasuki Pratomo sudah terbiasa bergaul dengan seekor anjing.



Sementara itu kak Cut Aisyah Zawari masih ada rasa takut dengan Halvor.

Pelan namun pasti, menjadi semakin banyak orang yang hilang rasa takutnya terhadap husky. Dan sementara itu banyak orang yang melihat peristiwa ini dan ingin mencobanya. Kalau tidak lupa, biasanya saya menyisipkan pesan sponsor, bahwa memelihara husky perlu komitmen seumur hidup.

Nah... bagaimana pengalaman teman-teman dengan seekor husky ?


Salam
Gunadi TK

Comments

Popular posts from this blog

Tragedi Curug Panjang, 5 February 2017, Berhati-Hatilah Bermain di Air Terjun

Bagaimana memasang hammock dan flysheet untuk menahan angin ?